Warenhuis De Vries

foto_01

GEDUNG De Vries dulu dikenal sebagai toko serba ada yang terletak di Groote Postweg (sekarang Jalan Asia Afrika No. 81), atau di ujung selatan Jalan Braga. Toko tersebut menjual berbagai macam keperluan sehari-hari seperti makanan, minuman, peralatan dapur, pakaian dan lain-lain yang sering dikunjungi para petani Priangan keturunan Belanda (Priangan planters). Disebut-sebut, toko ini merupakan pusat perbelanjaan pertama di Bandung.

Awalnya, gedung ini dipakai sebagai tempat orang-orang Belanda ngopi sekitar tahun 1879, dengan perkumpulannya yang disebut Societeit Concordia. Namun pada 1885, perkumpulan tersebut pindah ke seberangnya yang sekarang menjadi Gedung Merdeka. Lalu, Toko De Vries dibuka oleh Klaas de Vries pada tahun 1895. Sebelumnya toko ini tidak terletak di lokasi sekarang, melainkan di utara alun-alun. Pada tahun 1899, dibangunlah toko tersebut di lokasi sekarang dengan gaya arsitektur Oud Indisch Stijl (Klasik Indis). Ciri khas bangunannya berupa tiang-tiang kolom besar.

Tahun 1909 dan 1920, toko de Vries dipugar oleh biro arsitek Edward Cuypers Hulswitt. Hasil pugarannya bergaya arsitektur Klasik Eropa dengan menara dipojok utara sisi timur bangunan atau sisi yang dekat dengan Hotel Savoy Homann. Tahun 1990-an, gedung ini dikabarkan pernah dipakai sebagai toko yang menjual pakaian, rokok, rumah makan padang hingga disebut Toko Padang. Namun jauh sebelum itu, sekitar tahun 1960-an pernah dipakai studio foto, toko meubel dan diskotik. Tersiar kabar pula, saat dipakai diskotik, ruang bawah tanahnya dipakai sebagai tempat mesum. Setelah era 1990-an, bangunan tersebut dibiarkan kosong.

Pertengahan tahun 2010, bangunan ini kembali dilakukan pemugaran dengan arsitek Ir. David Bambang Soediono. Pemugaran ini menggunakan konsep rekonstruksi semi-restorasi karena ingin mengembalikan tampilan bangunan pada tahun 1955. Bangunan ini, kelak akan dipakai oleh salah satu bank, yakni Bank OCBC NISP. (Dok. “PR”)***

Advertisements
This entry was posted in Warenhuis De Vries. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s